9/27/2010

Tips Ujian Tulis CPNS






Beberapa tips yang tidah salahnya diperhatikan dalam ujian tulis CPNS yang sering kita lupakan, meski terkesan sepele. Terkadang persiapan kita hanya sampai pematangan materi saja, tetapi hal-hal non teknis berujung pada masalah besar untuk kita. Mari kita ulas.


1. Cek lokasi dan tempat ujian dilaksanakan
Luangkan waktu anda untuk melihat lokasi ujian, setidaknya sehari sebelum ujian. Ini untuk mengetahui medan ujian, termasuk di dalamnya ruangan yang akan dipakai untuk ujian, di sini sampai dimana tempat duduk kita. Jangan sampai terlambat hanya gara-gara mencari bangku atau lokasi tepatnya ujian, akibatnya akan fatal.

2. Peralatan pengerjaan soal
Saat ini semua ujian sudah menggunakan LJK (Lembar Jawab Komputer), jadi siapkanlah pensil 2B minimal 2 buah dan sudah diraut dengan benar. Jangan lupa bawa meja jalan atau papan ukuran A4 sebagai alas (istilahnya lambaran), mengingat tidak semua kondisi meja bagus, kemudian plastik mika yang biasa untuk sampul makalah, sebagai pelindung dari air (keringat, atap bocor kalau hujan atau bahkan air ludah anda pada saat bersin). Cara menyusunnya, pasang kertas LJK pada lambaran, selanjutnya sampulkan kertas mika di atasnya. Bawa juga penghapus pensil yang terbaik, setidaknya juga 2 buah.

3. Materi Ujian dan Pelaksanaanya
Pelajari baik-baik materi ujian. Silakan download soal-soal pada halaman download sebagai latihan, penting juga mencari informasi mengenai berita atau isu-isu yang sedang aktual sebagai materi wawasan anda, karena sebagian soal diambil dari topik itu. Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal tetapi juga harus memperhatikan waktu, salah satu solusi bawalah jam tangan. Usahakan waktu anda terbagi untuk mengerjakan dan mengulang pekerjaan anda sehingga jawaban betul-betul valid. Kerjakan dulu soal-soal yang mudah, jangan terjebak pada soal sulit. Cek betul-betul identitas anda jangan sampai salah, sesuaikan data dengan kartu ujian, karena kesalahan pengisian berarti anda sudah membuat diri anda gagal seleksi CPNS.

4. Doa orang tua dan berdoa sebelum mengerjakan Soal
Mintalah doa kepada orangtua, terutama ibu kita. Karena biasanya doa ibu paling manjur. Bagi umat islam di anjurkan untuk sholat tahajud untuk meminta kemudahan kepada ALLOH SWT dalam mengerjakan soal ujian. Berdoalah sebelum mengerjakan soal.


Semoga bermanfaat.......

Artikel Terkait:


No comments:

Post a Comment